Laman

Kategori

Selasa, 27 Mei 2014

KERIS SRIWIJAYA LUK 5


Keris Luk 5
Tangguh Sriwijaya
Dapur Sempana likuk 5 Setana Nganga
(versi penamaan dapur keris Lampung)

Keris Sempana likuk 5 ini merupakan temuan dari sungai Musi, berdasarkan bentuk paksinya yang kotak /persegi dan besi yang membatu seperti umumnya keris-keris era abad 13 atau sebelumnya diduga merupakan keris peninggalan Kerajaan Sriwijaya.
Keris ini dapat menjadi bahan pelajaran untuk memahami dasar bentuk keris-keris Sumatera khususnya dan keris Melayu pada umumnya.
Karena terdapat bagian bagian bilah yang sudah haus termakan usia, terpendam ratusan tahun di Sungai Musi, maka perlu dibayangkan bagaimana kira2 bentuk utuhnya keris ini sebelum mengalami keausan, kemudian baru dipelajari bagaimana rancang bangun dan rumusan bentuk dasar keris tersebut.
Secara umum keris ini berbentuk mucuk bung, dan memiliki tulangan (ada2- jawa red) yang tipis, dengan penampang bilah seperti wajik olahan pamor nyanak/tidak begitu jelas dan masuk ke dalam bilah.
Saya kira bentuk keris mucuk bung era Sriwijaya inilah yang kemudian berkembang menjadi dasar bentuk keris2 Sumatera dan Melayu , sehingga dapatlah disimpulkan bahwa dasar bentuk keris2 sumatera yang mucuk bung memang berasal dari tradisi Sumatera/ Melayu/ Sriwijaya sendiri bukan mengikuti bentuk keris Bugis/ Makasar seperti banyak anggapan yang keliru selama ini.


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar