Laman

Kategori

Selasa, 14 Desember 2010

Badik Lampung Kelingi

Badik lampung
Dapur Kelingi
Pamor keleng dom kecer hurab

Pusaka berdapur kelingi , disebut juga anak khumbai, terdiri dari seperangkat senjata yang memiliki bilah berbentuk segi tiga  (bahkan ada yang segi empat), dalam keluarga kelingi terdapat keris kelingi, badik kelingi, payan/tombak kelingi maupun pedang kelingi.
Pusaka dengan dapur kelingi ini banyak ditemukan dan menjadi ciri khas dari Lampung pesisir dan lampung Pubian. Konon senjata ini di desain untuk mampu menembus baju besi, ada yang berpendapat mulai dibuat saat Portugis mulai masuk ke Lampung (abad 16-17), ada juga yang berpendapat sudah dibuat di masa sebelum itu karena masyarakat nusantara juga sudah menggunakan baju besi pada masa sebelumnya.

Pusaka di bawah ini adalah salah satu contoh badik kelingi



17 komentar:

  1. wawai puuunnnn....

    BalasHapus
  2. kata nenek gw, bukannya kelingi dan anak khumbai adalah 2 jenis badik yang berbeda om? batang kelingi bersegi empat sedangkan batang khumbai segitiga? ya nggak sih om??

    BalasHapus
  3. salam ... ada yg berpendapat anak khumbai dengan kelingi sama hanya beda penyebutan antara orang2 pubian dengan pesisir, ada juga yg berpendapat keduanya beda bentuk, tapi kalau memang beda bentuk seharusnya kelingi yang bentuknya segi tiga karena sesuai dengan nama kelingi yaitu tumbuhan rawa yang penampang daunnya segitiga.

    BalasHapus
  4. Berapa panjang bilahnya bang ?? Kalo ada foto pedang Kelingi, diposting juga dong ......... Tabe !

    BalasHapus
  5. bang fahmi ini panjangnya lebih kurang 38 cm, ada tongkat pedang kelingi nanti saya posting

    BalasHapus
  6. Barang yg sangat indah..

    BalasHapus
  7. Kalau ditempat saya di abung disebut umumnya badik bulung piyes ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim terimakasih untuk informasi penamaannya di daerah Abung, saya pernah dapat info dari kanjeng Andi yang juga menyebutnya badik piyes

      Hapus
  8. Posting lauk Lampung Abung donk

    BalasHapus
  9. Tidak dimaharkan ya Gan

    BalasHapus