Laman

Kategori

Minggu, 12 Desember 2010

Keris Sumatera 3 : Keris Palembang

Keris Palembang
Dapur Sinom
Pamor Ngulit Semangka




28 komentar:

  1. MAs Bagus mas...tolong dong dipajang lebih banyak lagi gambar senjata pusaka dari palembang...

    BalasHapus
  2. Pak Thio terimakasih nanti akan diupload beberapa keris palembang

    BalasHapus
  3. Bilah menunjukan keris Jawa, sampir dan hulu model bugis, mendak/pendokok juga model Jawa ... Trus Palembangnya mana ?????

    BalasHapus
  4. @ anonim terimakasih untuk pendapatnya, menurut anda bilah menunjukan keris jawa dilihat dari apa nya???
    sebetulnya apa yang menjadi ciri keris jawa ???
    selama ini belum ada yang menunjukan secara jelas apa perbedan keris jawa dengan yang bukan jawa ...jadi lebih pada perasaan masing-masing, karena itu mohon petunjuk dari anda yang lebih paham dimana sebetulnya letak perbedaan antara keris jawa dengan bukan jawa.
    Model hulunya kemungkinan besar memang berasal dari Sulawesi tetapi hulu jenis ini sudah sejak lama digunakan di Sumatera sehingga menjadi salah satu jenis hulu sumatera dan tidak lagi terasa sebagai serapan.
    mengenai sampir rasanya sampir jenis ini merata digunakan di seluruh nusantara, dari semenanjung malaysia, sumatera, bugis, bahkan di jawa jaman majapahit seperti yg tergambar di relief candi penataran. jadi sumber sampir seperti ini belum bisa dipastikan. Apakah anda memiliki dasar sejarah yang bisa membuktikan sampir jenis ini dari Bugis? kalau memang ada mohon di share untuk pelajaran bersama

    BalasHapus
  5. Lalu menurut mas pribadi, apakah ada bedanya antara keris Jawa dengan keris Bugis ????

    Cobalah mulai dengan membedakan antara Keris Palembang asli dengan Keris Palembang peranakan (keris jawa tp mengaku Palembang) ......

    Bilah keris di atas terlalu tegak (seharusnya lebih bungkuk dan agak melengkung, bilah juga terlalu sempit (seharusnya agak lebar) selain itu lagaknya juga kurang Palembang (angsarnya terlalu lembut dan pemalu, padahal seharusnya tegas, kuat dan cenderung kasar) ...

    Lanjut ke bagian besi atau bahan .........

    BalasHapus
  6. @anonim, sesuai dengan pendapat anda coba perhatikan gambar ke 2, keris ini memang agak melengkung,cenderung lebih melengkung dari umumnya keris jawa, terutama perhatikan titik lengkungannya akan terlihat perbedaannya, perhatikan juga bentuk kembang kacang yang cenderung menurun ini gaya yg umum untuk keris sumatera tetapi akan terasa wagu untuk keris jawa dan juga kembang kacang terlalu besar ukurannya untuk keris Jawa dibanding ukuran wilah.
    Mengenai keris palembang yang menurut mas harusnya tegas kuat dan kasar, saya kira gambaran seperti itu lebih tepat untuk keris sumatera selatan, di luar palembang, seperti keris dari komering, ranau dan lahat.
    Palembang didirikan aryo damar pindahan dari majapahit (jawa) karena itu keris palembang di sumatera sering dilukiskan lebih langsing dan manis dibanding keris sumatera lain di luar palembang yang lebih tebal lebar dan terkesan gagah.
    Coba lihat hasil perlombaan estetika keris di jogja untuk kategori sumatera bugis kalimantan juara 1 dan 2 seingat saya keris palembang kerisnya terkesan halus dan indah seperti keris jawa ttp tetap ada rasa sumateranya. salam daan terimakasih untuk pendapatnya

    BalasHapus
  7. Cakep kerisnya bang, saya suka liat kembang kacangnya : cakep bangett ............

    BalasHapus
  8. Lanjut ke SMS ya bang kalo sekiranya mau berganti tuan ..... hehehhehehe

    BalasHapus
  9. To anonim, tanah jawa mulai ada peradaban sejak wangsa sailendra, itupun masih ada keturunan dari melayu tua sumatera sehingga balaputra dewa bisa jdi raja sriwijaya. Jadi mengenai keris jawapun bisa jadi hasil pengembangan dari senjata dari sumatera.

    Dari dulu kerajaan di jawa tidak ada yg bisa menguasai pulau lain selain jawa, bahkan mojopahit, kecuali mereka main politik perkawinan dgn cara mengawinkan putra putri raja mereka dgn raja sumatera. Makanya orang jawa menyebar di seluruh indonesia, blm lg adanya transmigrasi dan jawanisasi sejak zaman soeharto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tampaknya anda harus lebih berhati hati dalam menganalisa sejarah..

      Hapus
  10. anonim, memang dapat dikatakan bahwa wangsa Sailendra merupakan keturunan Melayu(Sumatera)mengingat prasasti pertama yang menyebut tentang Sailendra adalah prasasti Sojomerto yang ditulis dalam bahasa Melayu kuno, tetapi peradaban di Jawa sudah ada paling tidak sejak kerajaan Tarumanegara.
    Mengenai asal keris masih bisa diperdebatkan...
    - bentuk belati yang mungkin merupakan prototipe keris pertama kali terlihat pada relief batu Gajah dari Basemah Sumatera Selatan (+/- th 500 SM)
    - bentuk keris modern pertama kali digambarkan pada relief candi bahal Sumatera Utara (yang saat itu merupakan bagian wilayah Sriwijaya) dari abad ke-10/11, pada masa yang sama pada abad 9 sd 14 M relief pada candi candi di Jawa dan sebagian Sumatera masih menggambarkan senjata kadga (sejenis belati lurus serupa senjata india) belum berbentuk keris dalam pengertian modern.
    -Temuan artefak keris tertua diperoleh dari Jawa Timur abad 10-11
    Jadi seeprtinya keris muncul dalam masa yang lebih kurang bersamaan di Jawa maupun di Sumatera

    BalasHapus
  11. Salam budaya.. berapakah mahar untuk pusaka yang indah ini??

    BalasHapus
  12. salam budaya semoga semua pusaka palembang bisa di lihat di blog ini

    BalasHapus
  13. pak...kalo ado di upload gambar badik palembang yo....trimsssss sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik pak kemas nanti saya akan upload badik palembang candiwalang

      Hapus
  14. mas mao tanya ada nga keris dari sumtra barat..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kira ada kalau tidak salah ingat pernah liat di facebook keris naga bumatera barat

      Hapus
  15. Mas Paisal keris dari Sumatera Barat ada dan jumlahnya juga banyak, selain yang sudah ditangan kolektor2 juga bisa dilihat bentuknya pada koleksi tropen museum
    http://collectie.tropenmuseum.nl/default.aspx?lang=en#

    BalasHapus
  16. Saya punya satu warisan kakek

    BalasHapus
    Balasan
    1. beruntung memiliki warisan, patut dijaga dan dirawat

      Hapus
  17. teman teman penggemar keris HATI HATI di daerah LAMPUNG ada PENIPU ULUNG namnya HARSONO, orang chinese 30 tahun an.

    BalasHapus
  18. harsono adalah penipu yang berbahaya

    BalasHapus
  19. Mirip dengan Keris Sapukala Bugis, Saya Awam Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  20. Perlu kalian ketahui Peradaban Sumatera lebih tua dari Jawa, hanya saja Proses Kemajuan dan Tata letak Ibukota Eks-Batavia yang menjadikan pulau Jawa lebih menonjol dibandingkan 4 Pulau-pulau Lainnya di Nusantara. Sejarah peradaban pun berbalik Pulau yang relatif muda ini (Java/Jawa) seolah bak Manusia Awal (Nabi Adam) yang selalu beranggapan seluruh Peradaban di Nusantara di mulai dari Jawa...???? :-0

    Padahal sumber Pembawa Peradaban Keris yang sebenarnya berasal dari Hindustan (India Kuno) dan Bangsa Mongol serta ras Yhun atau Yun-An (Yunan) Asia Selatan Peradaban tertua Se Asia. Jadi tidaklah heran jika Negara-negara di Asia tenggara pun memiliki Senja Tikam dan Pusaka ini sebagai Alat bela diri dan jati diri (dimasanya/zaman).

    keris Tertua dimiliki Oleh Kesultanan Pasai Aceh Darussalam (Aceh Gayo),dan Suku Makassar. Teramat mungkin bila suku Bugis adlah Suku tertua mengingat Sejarah Sawerigading dan Arung Palakka adalah Kerajaan Bahari dan Tertua di Tatar Sulawesi Khususnya meninggalkan Keris Berlapis Emas

    BalasHapus
  21. Jelas keris Jawa, sandangan Bugis..

    BalasHapus